Cara Menggunakan Greenify Dengan Benar Untuk Melegakan RAM Android

Cara Menggunakan Greenify Dengan Benar Untuk Melegakan RAM Android – Salah satu kendala yang sering dialami oleh para pengguna ponsel Android adalah kurangnya memori RAM. Walaupun saat ini smartphone Android hadir dengan memori RAM yang cukup besar namun ternyata pengguna masih saja merasa kurang, terlebih untuk para player game online. Dampak dari kurangnya memori RAM adalah ponsel kita akan menjadi lemot ketika dugunakan untuk bermain game atapu menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan. Tentu saja, hal ini menjadi kendala yang harus segara di atasi.

Kenapa RAM Android Cepat Penuh?

Sistem operasi Android di rancang agar bisa mendukung semua tipe prosesor. Maka demi tujuan ini aplikasi Android selalu di bangun dengan platform Java yang terkenal mudah di customisasi dan memiliki banyak fitur. Namun dampaknya adalah aplikasi yang berjalan pada smartphone Android akan membutuhkan banyak memori RAM untuk mengoprasikan semua fitur-fiturnya. Ditambah lagi beberapa aplikasi sosial media yang akan terus berjalan di latar belakang walaupun sedang tidak digunakan. Maka tidak heran semakin banyak anda menginstall aplikasi pada ponsel anda, maka memori RAM pun akan cepat penuh.

Untuk mendapatkan performa Android yang lebih cepat anda tidak perlu meng-upgarde ponsel anda ke tipe baru. Melainkan ada cara yang cukup ampuh bisa coba anda praktekan untuk melegaram RAM ponsel Androd agar performanya tetap prima saat digunakan untuk bermain game ataupun saat menjalankan banyak aplikasi. Untuk melegakan RAM Android tentunya kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga, salah satu aplikasi yang cukup populer untuk masalah RAM adalah Greenify.

Cara kerja Greenify cukup simpel yaitu akan membekukan / menonaktifkan sementara aplikasi yang jarang digunakan agar tidak berjalan di latar belakang tanpa sepengatuhuan. Namun agar aplikasi Greenify berjalan dengan optimal di butuhkan settingan dengan benar. Jika anda masih bingung bagaimana cara menggunakan Greenify dengan benar. Mari simak ulasan di bawah ini dengan teliti.

Cara menggunakan Greenify yang akan kami sampaikan ini bisa di paraktekan pada ponsel Android yang belum di root atapun sudah di root.

Baca Juga : VPN Telkomsel Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Cara Menggunakan Greenify Dengan Benar Untuk Melegakan RAM Android

1. Langkah pertama silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi Greenifynya melalui Google Play Store. Ukuran APK Greenify ini tidak lebih dari 3MB jadi tidak akan berat ktika di jalankan.

2. Setelah aplikasinya terinstall anda bisa langsung menjalankannya. Kemudian pada halaman Welcome to Greenify langsung tap tombol NEXT. Selanjutnya ada pertanyaan Working Mode, kami akan mempraktekan untuk ponsel yang belum di root. Ada 3 pilihan yang harus anda pilih yaitu “My device is NOT rooted, My device is rooted dan I’m not sure”. Jika ponsel anda belum di root maka silahkan pilih My device is NOT root. Namun jika ponsel anda sudah root maka pilih My device is rooted. Tap tombol NEXT untuk melanjutkan.

3. Pada halaman selanjutnya jika anda masih menggunakan Android 5 Lollipop ke bawah maka akan ada pilihan untuk mengaktifkan Smart Hibernation. Untuk mengaktifkannya silahkan tap tombol GRANT PERMISSION kemudian silahkan cari aplikasi Greenify lalu aktifkan Permit usage access. Lihat screenshot dibawah ini agar lebih jelas. Selanjutnya langsung tap tombol FINISH.

Sedangkan untuk anda yang menggunakan Android 6 Marshmallow ke atas tidak ada pilihan untuk mengaktifkan Smart Hibernation melainkan anda hanya perlu mengaktifkan aksesbilitas melalui pengaturan ponsel saja.

4. Selanjutnya pada halaman awal Greenify tap tombol + yang ada di bawah sebelah kanan lalu anda akan melihat aplikasi apa saja yang dapat anda hibernasi, silahkan pilih aplikasi yang jarang di gunakan. Jika anda akan bermain game, sebaiknya anda hibernasi aplikasi sosial media seperti Facebook, Messenger, WhatsApp, Instagram dan lainnya. Silahkan anda seleksi aplikasi yang akan di hibernasi, tap tombol ceklis yang ada di bagian bawah.

5. Kemudian untuk mulai meng-hibernasi silahkan anda seleksi aplikasinya kemudian tap tombol dengan icon Zzz yang berada di sudut kanan bawah. Maka anda akan di arahkan langsung ke halaman app manager, silahkan anda pilih Force Stop / Paksa berhenti aplikasi yang akan anda hibernasi tersebut. Patikan bahwa status aplikasi tersebut terhibernasi di halaman Greenify. Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Maka dengan melakukan langkah ini, aplikasi tersebut tidak akan lagi berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kita. Jadi memori RAM ponsel anda bisa lebih lega dan bisa di manfaatkan untuk aplikasi lainnya.

Baca Juga : Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Kesimpulan

Menggunakan Greenify bukanlah untuk menambah RAM Android. Melainkan Greenify adalah alat untuk mengolah RAM ponsel anda semaksimal mungkin agar tidak terpakai oleh aplikasi yang sedang tidak anda gunakan.

Demikian yang dapat kami sampikan tentang cara menggunakan Greenify dengan benar untuk melegakan RAM Android. Selamat mencoba dan semoga bisa memntu anda mengatasi ponsel Android yang lemot.