Cara Mengembalikan Instagram yang di Hack- 2019

15 May, 2019 Rida Mahira No Comments

Cara Mengembalikan Instagram yang di Hack – 2019. Instagram adalah salah satu media sosial yang tengah digandrungi banyak orang. Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Mulai dari pelajar hingga pebisnis. Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini makin meroket popularitasnya hingga mampu disamakan dengan Facebook dan Twitter.

Fitur-fitur menarik seperti filter, Instagram Story, IGTV, dan kemudahan berjejaring lainnya membuat pesona Instagram mampu melekat di hati penggunanya. Saat diluncurkan untuk pertama kali pada 2010 silam Instagram mengklaim telah memiliki 25.000 orang pendaftar akun.

Fitur yang paling utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk berbagi foto dan video kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui galeri album foto maupun langsung dari fitur kamera bawaan aplikasi Instagram.

Advertisement

pengguna dapat memberikan caption dan filter pada foto-fotonya. Selain itu pengguna juga dapat melakukan tag atau menandai pengguna lain yang terlibat dalam foto tersebut.

Advertisement

Yang menarik dari Instagram adalah pengguna dapat mengedit foto yang ingin diunggah dengan efek atau filter yang telah tersedia di Instagram. Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Namun saat ini Instagram telah memiliki lebih dari 15 filter.

Dan Pada foto atau video yang diunggah, pengguna lain dapat memberikan komentar dan like. Instagram memiliki sebuah fitur tanda suka yang fungsinya memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diunggah.

Durasi waktu dan jumlah suka pada sebuah foto di dalam Instagram dapat menjadi faktor khusus yang mempengaruhi kepopuleran foto tersebut. Jumlah pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting membuat foto menjadi terkenal. Bila sebuah foto menjadi terkenal, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke dalam halaman popular tersendiri.

Tanda-tanda Instagram telah di Hack

1. Dapat Kabar dari Instagram Langsung

Biasanya, pihak dari Instagram akan langsung memberikan kabar melalui email apabila akunmu terdeteksi sedang di hack. Maka dari itu, jangan sesekali kamu abaikan notifikasi email dari Instagram. Siapa tahu itu sebuah peringatan bila ada hacker  yang berupaya memaksa masuk ke akunmu. Notifikasi itu akan berbunyi ‘We Noticed a login from a device you don’t usually use’ yang artinya ada yang log in ke akunmu dengan menggunakan perangkat yang biasanya jarang kamu gunakan, biasanya mereka mencoba hack instagram password kamu. Selain itu, tertera juga perangkatnya jenis apa, browser yang dipakai, lokasi, serta tanggal dan waktunya. Apabila itu bukan kamu, maka Instagram langsung merekomendasikan untuk mengganti password yang sudah tertera linknya di bawah, untuk melindungi akunmu.

2. Jumlah Following Bertambah Sendiri

Bisa jadi Following yang bertambah itu akibat dari ulah si hacker itu. Hal itu bisa terjadi karena para hacker tahu kebanyakan Instagramers  cenderung hanya memperhatikan jumlah followers saja. Mereka biasanya iseng dengan mengandalkan keahliannya untuk memaksa akun lain untuk memfollow akun tertentu. Maka dari itu, kamu juga perlu mengecek jumlah following nya ya.

3. Perubahan Data yang Signifikan

Tiba-tiba, foto profil akun Instagrammu berubah menjadi foto lain (biasanya mengarah ke negatif), bio di profil berubah, dan ada postingan aneh yang padahal kamu tidak pernah mengunggahnya. Itu sudah pasti ulah dari hacker! Bila sudah sampai begini, kamu harus berhati-hati dan sangat dianjurkan untuk segera mengganti password Instagrammu. Tetapi, adapula kemungkinan lainnya, bisa jadi itu ulah temanmu yang iseng ketika ponsel kamu dititipkan ke mereka atau ditinggalkan. Mereka akan curi-curi kesempatan untuk bajak akun IG-mu yang tujuannya adalah prank.

4. Tidak Bisa Log In

Jika sudah tidak bisa log in lagi, maka kamu harus pasrah dan ikhlaskan akun Instagrammu. Kemungkinan besar, hacker yang membajak akunmu itu sudah menggerogoti segala aspek di dalam akun Instagrammu, mulai dari mengganti password bahkan mengganti emailnya juga. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengganti password email serta segala akun sosial media yang kamu punya.

Cara Mengembalikan Instagram yang terkena Hack

1. Menggunakan Website Help.instagram.com

Jadi, kalau akun Instagram-mu ke hack maka jangan ragu untuk meminta bantuan..

1. Via help.instagram.com

2. Lalu pilih menu Privacy & Safety/pusat privasi dan keamanan

3. Kemudian pilih Report Something/melaporkan sesuatu

4. Selanjutnya pilih Hacker Account/akun yang di bajak

5. I Think my account has been hacker /sepertinya akun instagram saya diretas

6. Kemudian Report it to us /Laporkan pada kami

Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan kamu perlu mengisinya dengan benar dan sejelas-jelasnya.

2. Cara Ke-2 dengan help.instagram.com

Buka website help.instagram.com, pilih menu Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akunmu diambil alih sama orang lain. Perlu diingat, untuk melaporkan akunmu yang kena hack dengan cara ini maka kamu wajib mengisi form yang sudah disediakan Instagram dengan email lengkap yang kamu gunakan untuk mendaftar awal ke Instagram.

Selain itu, pastikan sekarang akun Instagrammu sudah berganti nama atau tidak. Kalau berganti nama, maka kamu wajib memasukkan nama yang sekarang digunakan akun mu agar pihak Instagram bisa dengan mudah membantu mengembalikannya.

Setelah proses laporan selesai maka akun instagram mu akan hilang, dan tidak perlu khawatir itu memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akun mu. Kamu gak bakal bisa mencari nama akun mu di kolom pencarian dan saat kamu mengetik nama akunmu maka akan muncul “user not found”

3. Cek Email

Setelah laporan, coba cek email mu. Apa ada pesan masuk dari pihak Instagram terkait laporan mu. Kalau memang ada email masuk dari Instagram terkait langkah yang perlu kamu lakukan terkait pengembalian akun mu, maka segera ikuti.

Biasanya, pihak Instagram akan meminta kamu untuk melakukan instruksi sebagai berikut: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih. Kemudian foto wajahmu dan kertas putih itu untuk memverifikasi bahwa kamu memang pemilik asli akun. usahakan, baik posisi atau wajah sesuai dengan salah satu foto yang pernah kamu upload di Instagram atau minimal mirip dengan foto profilmu.

4. Instagram akan kirim Email lagi

Jadi, setelah mengirim balasan email terkait verifikasi data dan dirimu maka pihak Instagram sekali lagi akan mengirimimu dengan form yang perlu diisi dengan data diri terutama foto atau copy ID. Balas dan isi email satu ini dengan sejelas-jelasnya ! Jangan sampai ada informasi penting atau kolom isian yang tidak terisi.

5. Menunggu proses Verifikasi

Biasanya sekitar 4 sampai 7 hari pihak Instagram baru akan membalas dan mengembalikan akun jadi milikmu lagi. Tandanya kalau akun mu sudah kembali adalah munculnya username-mu di kolom Pencarian. Ikuti langkah pemulihan akunmu sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan kamu pun sudah siap kembali menggunakan akun Instagram-mu lagi.

Nah seperti itu Cara Mengembalikan Instagram yang di Hack. Semoga akun Instagram kamu bisa selamat dan kamu miliki kembali. Semoga bermanfaat dan mudah untuk di terapkan ,Apabila ada pertanyaa silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar ya! See you!

AUTHOR

Rida Mahira

Rida Mahira

Jangan Jadikan mimpi hanya sebatas khayalan, tapi ambilah tindakan dan wujudkan. Beranilah memulai, agar kelak kamu bisa menuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *